Mata Pelajaran TPQ Taman Pendidikan Alquran

TPQ merupakan lembaga yang sangat cair dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dimana pada Taman pendidikan Alquran yang masih terbatas jumlah mengajar adakalanya waktu tersita untuk menyimak bacaan anak anak entah dengan metode iqro, al barqy, yambua atau qiraati maupun metode Baghdadi. Itupun masih dibantu dengan adanya asistensi dari santri terpercaya dalam bacaan untuk turut serta menyimak santri lain yang berada pada level awal membaca.

Tentunya selain pelajaran membaca huruf arab hijaiyah serta hafalan, di masukkan juga mata pelajaran yang diperlukan guna menambah keilmuan keagamaan baik dalam ibadah maupun muamalah dan ilmu lain terkait dengan keislaman.

Bagi taman pendidikan alquran ( TPQ ) yang sudah maju, tentunya secara jadwal dan pelajaran yang disampaikan sudah tertata dengan baik dan bisa tercapai tujuan pembelajaran. Akan tetapi bagi lembaga yang masih semrawut serta rasio jumlah guru dengan siswa yang tidak ideal, sering terjadi pemberian materi pelajaran hanya seingat dari pengajar tanpa adanya keteraturan serta penjadwalan yang baik dan terkonsep.

Mengacu kepada buku pedoman penyelenggaraan Taman Pendidikan Alquran terbitan dari Kementerian Agama RI Jakarta, sudah diberikan rambu rambu serta pelajaran yang sebaiknya diberikan kepada siswa.

Acuan pelajaran yang diberikan berdasarkan format bentuk raport TPQ yang mana di dalam contohnya tercantum mata pelajaran.

Untuk TPQ, pelajaran yang ada dalam raport adalah :

Persis sama dengan TKQ yaitu

  1. Bacaan tadarus alquran
  2. ilmu tajwid
  3. Hafalan bacaan sholat
  4. Hafalan surat pendek
  5. Praktek Amalan sholat
  6. Hafalan ayat Pilihan
  7. Do’a dan adab harian
  8. Tahsinul Kitabah
  9. Dinul Islam
  10. Muatan Lokal (bisa bahasa inggris, arab, kaligrafi dll)

Adapun untuk kurikulum serta jadwal penyampaian materi, Kementerian Agama RI Jakarta membuatkan matriks pembelajaran pada masing masing lembaga. Dimana pada setiap jenjangnya dibagi menjadi beberapa level. Dan masing masing levelnya dibagi menjadi 2 semester. Bisa dikatakan 1 level pada jenjang pendidikan ditempuh dalam waktu normal 1 tahun.

TP alquran dibagi menjadi 3 level yaitu level A, level B dan level C

Pada matriks pembelajaran masing masing level tersebut sudah diberikan nama pembelajaran kemudian juga waktu yang disarankan dalam penyampaian materi

Matriks adalah penjabaran yang nyata dari kurikulum Taman pendidikan Alquran yang dibuat oleh Kementerian Agama RI Jakarta. Dalam kurikulum ini diterangkan secara singkat serta ulasan yang global terkait materi dan kurikulum. Dimana ulasan singkat dan global bisa jadi dimaksudkan guna fleksibilitas ustadz atau lembaga dalam arah pemberian materi. Dimana kondisi TPQ satu dengan yang lain tentunya mempunyai perbedaan dalam hal sarana prasarana serta jumlah rasio antara guru dengan murid.

Leave a Reply

Your email address will not be published.